Selasa, 15 Maret 2016

Rumah yang sehat – idaman keluarga

Rumah adalah tempat berteduh. Membangun dan memiliki rumah, tentu menjadi kebutuhan primer setiap orang / keluarga. Memiliki rumah idaman sendiri, tentu menjadi kebanggan dan keberhasilan tersendiri bagi setiap orang. Walaupun, banyak juga orang yang membeli rumah hanya untuk tujuan investasi.
Sekarang, sudah banyak sekali pengembang perumahan yang menawarkan unit rumah untuk anda beli, dengan memberikan fasilitas dan kemudahan, yaitu anda bisa mencicil. Tapi, jika anda siap dan memiliki dana lebih, anda bisa membangun rumah sendiri. Tentu akan menjadi kebanggaan tersendiri, mengingat kita bisa membangun sesuai dengan model yang kita inginkan.
Lebih baik lagi, anda bisa membangun sebuah rumah yang sehat. Seperti yang kita ketahui, perumahan yang sering kita lihat memiliki kesamaan : rumah berjejer dan berdesakan. Jika kita menginginan memiliki rumah yang sehat, tentu rumah standart perumahan (kebanyakan) bisa dibilang kurang untuk memenuhi standart rumah yang sehat.

Lalu bagimana ciri rumah yang sehat? Berikut kami memberikan sedikit tips, referensi, contoh gambar rumah sehat untuk anda.
Pencahayaan yang alami

Cahaya matahari, selain sehat juga merupakan pencahayaan alami pada siang hari. Rumah yang sehat harus memiliki akses yang sangat bebas untuk mendapatkan cahaya matahari. Pastikan rumah anda tidak terhalangi gedung/bangunan tinggi yang akan membuat rumah anda tertutup dari sinar matahari.

Perhatikan juga orientasi / hadap bangunan rumah Anda. Rumah yang menghadap timur / barat, sudah tentu anda akan mendapatkan panas dan sinar matahari secara langsung dan berlebihan. Dan juga akan silau pastinya. Tentu ini membuat anda tidak nyaman.
Rumah yang sehat

Usahakan rumah anda menghadap ke utara/selatan. Maka, anda akan tetap mendapatkan sinar matahari langsung, tetapi anda akan aman dari panas/silau yang berlebihan.

Ventilasi udara yang cukup
Sudah sangat jelas, sirkulasi udara sangat penting bagi kesehatan anda dan semua penghuni rumah. Atur sedemikian rupa jendela dan ventilasi udara di rumah anda. Terkadang, desain rumah tertentu membuat anda “melupakan” tentang pengaturan ventilasi ini.

Rumah yang sehat


Rumah yang sehat

Sirkulasi udara yang baik, berarti anda harus memiliki saluran keluar – masuk udara dirumah anda. Dan setiap ruangan rumah idaman anda. Jadi, pastikan setiap ruangan memiliki jendela atau ventilasi yang baik untuk sirkulasi udara.
Jangan ragu untuk menambah jendela / ventilasi dirumah anda, terutama pada bagian atas tembok rumah anda. Ini akan sangat bermanfaat untuk mengeluarkan udara panas yang masuk kedalam rumah. Jika tidak, tentu anda akan sering merasa tidak nyaman didalam rumah.
Ruang terbuka dengan daerah resapan air
Banyak orang salah paham dengan konsep desain rumah modern, atau desain rumah minimalis. Mereka membayangkan, konsep seperti ini menghasilkan bangunan yang simpel, praktis. Memang benar. Tapi, sering terjadi kesalahpahaman pada penerapannya. Yang pada akhirnya mereka menjadikan rumah mereka tidak ramah lingkungan.

Bagaimana konsep rumah yang sehat dan ramah lingkungan? Ada banyak faktor yang mendukung, beberapa diantaranya sudah kita bahas pada point sebelumnya. Pada point ini akan dibahas lebih fokus pada ruang terbuka ddengan daerah resapan air. Bisa diperhatikan gambar rumah sehat berikut.

Rumah yang sehat

Menyediakan ruang terbuka di rumah anda adalah solusi terbaik. Jika anda memiliki lahan yang luas dan sangat memperhatikan lingkungan, akan sangat baik jika anda memberi taman yang luas. Selain enak dipandang, memberikan nyaman dan tentunya sehat bagi penghuni rumah dan ramah lingkungan.

Dikota-kota besar, sangat kita maklumi, keadaan dimana akan sangat sulit mendapatkan lahan yang luas untuk rumah anda. Tapi tentu hal ini tidak menutup kemungkinan bagi anda untuk tetap membangun sebuah rumah yang sehat dengan menyediakan lahan terbuka. Dan yang lebih penting lagi adalah daerah resapan air.

Contoh desain gambar rumah yang sehat


Beri sedikit ruang untuk taman kecil dan ditanami bunga. Selain akan memperindah rumah anda, tentu juga akan memberikan kesempatan jalan air agar bisa meresap kedalam tanah. Halaman yang sempit, anda bisa menggunakan grass block untuk memaksimalkan daerah resapan air.
Rumah yang sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar